JENIS MESIN LAMINATING yang EKONOMIS

Apa itu mesin laminating? Kegunaan mesin laminating pada dasarnya hampir sama utk setiap jenis mesin laminating yang beredar di pasaran. 

Simak spesifikasi teknis dan perbedaan mesin-mesin laminating berikut di bawah ini...
 Perbedaan mesin laminating adalah cara kerja mesin laminating itu berdasarkan jenis kertas cetak yang dilaminasi serta bahan plastik laminating yang digunakan oleh tiap-tiap mesin laminasi tsb.

 

A. JENIS MESIN LAMINATING dan CARA KERJANYA 

 


1. Mesin Laminating Solvent


Mesin Laminating Solvent

Mesin Laminating Solvent



Jenis mesin laminating gawang, cara kerja mesin laminating sistem lem berbasis solvent dengan rentang mesin yg panjang sebagai sarana pengeringan lem (seperti oven) dan roll panas untuk menyatukan plastik opp (plastik laminating / film laminating) dengan kertasnya.
Untuk type mesinnya : FM 1000/100 series, FYB.

Mesin laminating solvent ini dengan seiring pesatnya perkembangan bisnis percetakan dan peluang bisnis jasa laminating, pemakain lem solvent yg sukar didapat dan mahal harganya - dalam pengoperasiannya dipakai dengan sistem lem berbasis waterbase yang sesuai bahkan karena murahnya harga plastik opp yg berbasis thermal, mesin ini akhirnya banyak juga dipakai dengan sistem laminating thermal.

2. Mesin Laminating Waterbase


Mesin Laminating Waterbase

Mesin Laminating Waterbase



Mesin laminating waterbase ini merupakan generasi 2 dari sistem laminasi dengan meningkatkan keefisienan dan keekonomisan bahan plastik laminating  serta biaya pemakaian tenaga listrik yg rendah.

Dengan berbasis lem waterbase yang lebih mudah didapat dan dimensi mesin yang lebih ramping, dan juga dalam prakteknya telah dirancang agar bisa berfungsi sebagai mesin laminating windows juga (contoh: kemasan baju, boks makanan, laminating undangan pernikahan unik, dll - sehingga produk di dalam kemasan dapat terlihat).
Untuk jenis mesinn laminating yg full laminating waterbase: SFM series, SRFM series
Untuk type mesin yg bisa laminating Window: SKM series, SDFM series.

3.  Mesin Laminating Thermal


Mesin Laminating Thermal

Mesin Laminating Thermal


Generasi 3 dari sistem laminasi, merupakan mesin laminating thermal yang mengadopsikan kemudahan dalam pengoperasian cara kerja mesin laminating ini, lebih ramping dimensinya bahkan ada yg portable. 

Dengan tersedianya harga murah plastik opp yang sudah ada lemnya (sistem thermal), maka lingkungan kerja semakin lebih bersih karena tdk tercecer lem pada mesin dan di lantai.
Untuk type mesinnya : YDFM series, YFM series, dll 

Pertama kali kemunculan mesin laminasi panas ini kurang diminati dikarenakan bahan plastik opp - nya yg sulit dan mahal, namun dengan seiring zaman dan pemikiran yg lebih fleksibel dan ekonomis, sdh banyak bahan plastik/film laminating yang tersedia dan tidak terlalu mahal, mesin laminating thermal ini lebih banyak diminati, terutama oleh dunia usaha kecil (home industri).

4. Mesin Laminating Multifungsi


Mesin laminating multifungsi ini diciptakan untuk pemakai kelas kakap (bisnis percetakan menengah keatas), karena cara kerja mesin laminating ini bisa memakai ketiga sistem laminating selama ini, yaitu:
  • Laminating Solvent
  • Laminating Waterbase
  • Laminating Thermal
Untuk jenis mesin laminating multifungsi ini: tipe LFM series.

5. Laminating berbasis Film (Bijih Plastik)

 

Mesin Laminating Bungkus Makanan / KERTAS NASI

Mesin Laminating Bungkus Makanan / KERTAS NASI



Mesin laminating biji plastik ini sebetulnya sdh lama dikenal namun untuk pemakaian di dunia grafika masih terbilang baru. Dahulu mesin ini dipakai untuk laminating karung (wolven bag), kain, dll.

Sekarang mesin laminating film ini sering digunakan sebagai laminating yang berbasis makanan (food grade) seperti kertas bungkus nasi, kertas plastik paper, burger wrap, hotdog, kebab, dll - karena dalam sistem kerjanya tidak menggunakan lem. Sehingga kontaminasi kimia akan berkurang.

Mesin Laminating Film Extrusion ini sering disebut sebagai mesin pembuat kertas nasi, bungkus burger McD, KFC, dll.

Pemakai mesin laminasi ini tergolong kelas industri percetakan menengah ke atas. Dengan dimensinya yang panjang dan membutuhkan alat pendukung lainnya.

Bahan yang dilaminting pun harus berbentuk roll dan untuk menghasilkan sheet diperlukan lagi mesin potong roll to sheet dan mesin finishing terakhirnya menggunakan mesin potong kertas plano dan mesin packing.

Untuk typenya SDFA series, SJFM series.


B. JENIS PLASTIK LAMINATING (Film Laminating) 

 

1. Plastik Opp tanpa lem bisa type glossy maupun matte ( dof)

  • Bahan plastik opp ini untuk sistem pekerjaannya harus disertai dengan lem baik itu berbasis solvent maupun waterbase, dan untuk mesinnya bisa anda lihat uraian di atas.

2. Plastik Opp sudah ada lem ( thermal) bisa glossy maupun matte (dof)

  • Bahan plastik opp ini untuk sistem pekerjaannya sudah tidak memerlukan lem lagi dan untuk mesinnya bisa anda lihat uraian sebelumnya.

3. Bijih Plastik

  • Bahan biji plastik ini biasanya digunakan yg berbasis PE atau PP.


C. Mesin Laminating yang Ekonomis & Efisien


Jika anda perhatikan uraian sebelumnya di atas, kita dapat menyimpulkan dan memutuskan dari sistem laminasi dan berbasis apa yang lebih ekonomis yang perlu anda pilih untuk membantu pekerjaan anda di dalam bisnis percetakan.

Setiap peluang bisnis percetakan (jasa laminating) harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan cara memilih dan menggunakan mesin laminating yang cocok untuk menjalankan usaha jasa finishing percetakan yang anda kelola

Sebagai bahan acuan untuk mengkaji dan meneliti menjalankan bisnis jasa laminating percetakan, ada beberapa utk dipertimbangkan:
  1. Daya listrik mesin laminating
  2. Harga mesin mesin laminating
  3. Harga bahan baku laminating
  4. Kecepatan / kapasitas produksi mesin laminating
  5. Biaya operasional
  6. Tempat usaha

Semoga artikel bisnis percetakan jasa laminating ini bermanfaat untuk anda sekalian sebagai bahan pertimbangan dan referensi bagi anda dalam memilih mesin laminating yang cocok untuk anda.





Cek Info Harga Mesin Laminating BARU / BEKAS,

http://bit.ly/FB-TOP_Laminating
LAMINATING Center


Anda berminat…?!? ORDER TO : NOVARO



Sumbangan artikel:
meliwisgroup
Blog, Updated at: 11:18 PM

1 comments: